Terkadang kita memiliki file pribadi yang harus di private untuk dilindungi agar tidak bisa dibuka oleh anggota keluarga lain atau siapa saja pengguna yang memiki akses ke komputer atau gadget kita. Cara yang biasanya sering dilakukan yaitu dengan proteksi kata sandi. Tapi memproteksi file dengan kata sandi juga masih berpotensi dijebol lho, kita bahas yuk beberapa cara memproteksi file agar file rahasia kita tetep aman.

1. Menggunakan Kata Sandi
Memproteksi file dengan kata sandi merupakan cara yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Untuk menggunakannya kita dapat memanfaatkan fitur yang disediakan oleh aplikasi atau bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Melakukan proteksi dengan kata sandi memiliki resiko penasaran bagi pengguna lain. Bagi yang sudah teramat kepo biasanya akan mencari cara agar bisa melihat isi file tersebut. Jika kamu menggunakan cara ini, gunakan kata sandi yang unik dengan gabungan kombinasi huruf angka dan karakter agar tidak mudah ditembus.

2. Menyembunyikan File
Menyembunyikan file juga dapat dilakukan untuk melindungi file rahasia kita dari akses pengguna lain. Kalau menggunakan cara ini, pilih lokasi yang jarang diakses dan tersembunyi. Untuk menyembunyikannya juga mudah, kamu tinggal menggunakan fungsi hide yang disediakan oleh sistem. Jika kamu mau menggunakan cara ini, tempatkan file kamu di folder system operasi yang jarang terakses dan beri nama file khas yang tidak mencurigakan. Jangan lupa hapus log atau histori dokumen yang dibuka.

3. Menyamarkan File
Menggunakan cara ini adalah dengan mengganti nama file beserta ekstensinya agar dikira merupakan file biasa atau file sistem sehingga tidak menimbulkan kecurigaan. Dengan mengganti ekstensi file yang tepat akan membuat file yang sebenarnya tidak dapat dibuka. Kuncinya adalah mengganti ekstensi file dengan format file yang berbeda, misal mengganti ekstensi mp4 menjadi txt, batch atau php. Mengganti ekstensi file dengan format file yang sama memungkinkan file tersebut dapat diurai dan dibuka.

4. Menyimpan Di Cloud/ Internet
Menyimpan file rahasia di media internet merupakan cara yang digunakan oleh banyak orang akhir akhir ini. Kecepatan akses dan tingkat keamanan yang tinggi menjadi magnet bagi user untuk menempatkan filenya disana. Jika kamu hendak menggunakan cara ini, jangan meninggalkan informasi login di browser yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain untuk masuk ke akun kamu.

5. Menyimpan Di Media Eksternal
Menyimpan file di media eksternal merupakan cara yang paling aman untuk melindungi file, dengan catatan lepas media eksternal setelah tidak digunakan. Gunakan media eksternal yang berkualitas bagus agar memiliki masa pakai yang lama untuk menghindari kehilangan data.

Nah, demikian 5 hal yang dapat kita lakukan untuk melindungi file rahasia kita yang berharga. Sepandai pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga, demikian juga file yang kita jaga bisa saja dijebol atau hilang. Jadi saran Khiar, backup file berharga kita sesering mungkin ya.