Apa kamu pernah tidak sengaja menghapus file yang penting di android, atau pas lagi dimainin sama anak kecil pencet sana sini eh ada file yang kehapus. Aduh, biasanya langsung panik nih. Tanya ke temen atau ke mbah google gimana cara mengembalikan file terhapus. Kalau di pc mah gampang, ada recycle bin atau bisa pakai software. Kalau di android memang masih agak susah, apalagi kalau hpnya tidak diroot, pakai software juga belum tentu bisa kembali secara utuh filenya.

Nah, solusinya tetap pakai software pihak ketiga. Kalau kamu punya cukup uang, kamu bisa beli software premium untuk mengembalikan file kamu yang kehapus seperti Dr. Fone, Mobikin Doctor atau Jihosoft Mobile Revovery dll. Dengan menggunakan versi premium, kemungkinan file kamu bisa kembali utuh jauh lebih besar. Akan tetapi kalau kamu mau mencoba dulu yang gratisan, Khiar saranin pake EaseUS MobiSaver.

halaman awal EaseUS MobiSaver

EaseUS MobiSaver dapat berjalan pada ponsel yang tidak diroot dengan hasil pencarian data yang hilang dengan sangat baik. Khiar udah coba beberapa kali menghapus file dan bisa dikembalikan dengan EaseUS. Hanya untuk video belum dapat dikembalikan secara utuh, hanya terlihat ditemukan kumpulan frame/ gambar potongan potongan video. Tapi hasil ini sudah sangat bagus untuk versi gratisan. Kalau ponsel kamu sudah diroot, mungkin saja seluruh file tersebut bisa dikembalikan secara utuh.

Lain halnya jika kamu menghapus file melalui aplikasi explorer/file manager yang menyediakan fitur recycle bin. File yang kamu hapus bisa dimasukkan dulu ke recycle bin sebelum benar benar dihapus permanen. Jadi sewaktu waktu kamu dapat merestorenya kembali. Nah, demikian cara memgembalikan file yang telah terhapus di android, ada baiknya apabila file itu penting segera diproteksi agar tidak mudah terhapus bisa menggunakan aplikasi atau disembunyikan.