Apa kamu punya object favorit di website atau mungkin profil kamu terpampang di salah satu website ternama tapi lokasinya ditengah atau dibawah. Gimana buka akses cepatnya ya?/ Mau dishare juga ke temen temen, tapi kalau ngeshare alamat utamanya yang muncul pertama kali headernya, kemudian cari dengan gulir kebawah. Sebenarnya gapapa sih, toh nanti juga ketemu. Tapi kalau ada cara mudahnya kenapa gak dipakai. Yap, yang mau tahu caranya baca sampai abis ya.

Syntak
1. <a href=”url#id”>
2. url#id.

Syntak pertama untuk melekatkan sebuah link pada website. Kamu harus memiliki sebuah website untuk dapat menggunakan syntax tersebut. Syntak kedua dapat dibuat selama kamu dapat mengakses internet. url adalah alamat website yang ingin diakses, dan id adalah identitas object html yang dibuat dalam halaman website. Untuk mengetahui id sebuah object pada halaman website kamu dapat melihatnya di dalam soure kodenya. Untuk melihat source kodenya kamu bisa klik kanan pada browser di pc kemudian pilih inspect element. Jika kamu menggunakan smartphone, gunakan misal browser Chrome dan ketik view-source:url untuk melihat source kodenya (beberapa browser lain pada smartphone mungkin menggunakan cara berbeda).

foto source kode lorodi.com

Sebagai contoh kita akan membuat link langsung menuju ke id post 884. Kita dapat menggunakan link https://lorodi.com/#post-884 di browser atau <a href=”https://lorodi.com/#post-884″> jika kamu akan melekatkannya pada website.

Gimana mudah kan. Kalau linknya udah dibuat, tinggal dishare ke temen temen kamu biar mereka langsung buka ke posisi id yang ditentukan tanpa harus gulir layar keatas atau kebawah.